Selasa, 24 Mei 2016

Khasiat Kunyit

Tanaman Kunyit sangat bermanfaat baik untuk kesehatan maupun bumbu masakan kunyit mudah ditemukan dimana saja di Indonesia ini baik diperkampungan maupun daerah perkotaan.
Kunyit berkhasiat : Kholagog;Stomakik;Antipasmodik;Anti inflamasi;Anti bakteria;Kholeretik

Rimpang kunyit (Curcuma domestica) dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti :


1. Luka dan Kurapan


Caranya :


Siapkan Rimpang Kunyit 1 jari,Daun asam segenggam,Air sedikit saja lalu dipipis dan ditempelkan pada luka lakukan penggantian setiap 3 jam. 

2. Mencret


Caranya :


Siapkan Rimpang Kunyit 1/2 jari, Rasuk angin 1/2 sendok teh, Ketumbar 3 biji, Buah kayu ules 1 biji, Daun tawas 1 helay lalu dicampur dan ditumbuk halus tambahkan Air 115 ml direbus kemudian disaring baru diminum 2 kali sehari pagi dan sore dengan dosis sekali minum 100 ml.


3. Sakit Perut


Caranya :


Kunyit dibakar 1 jari, Kulit batang pulosari 1 jari, Ketumbar 7 biji, Seluruh tanaman patikan cina 1 genggam, Air secangkir;Campuran ditumbuk ditambah air dan direbus disaring hingga didapatkan hanya tinggal secangkir didinginkan dan siap untuk diminum. Dosis untuk dewasa sehari minum 3 kali 1/2 cangkir, untuk anak-anak umur 1-2 tahun minum 1 sendok makan 2 kali sehari, untuk bayi 5-7 bulan 1 sendok teh.


4. Nyeri Haid


Caranya :


Siapkan rimpang kunyit 1 jari, Ketumbar 7 biji, Cengkih 1 biji, Asam kawak, Biji pala 
Cmpuran bahan-bahan diatas ditumbuk kemudian ditambahkan air 110 ml dididihkan kemudian disaring diminum sehari sekali dengan dosis 100 ml atau segelas air minum.

Demikian beberapa manfaat dan khasiat tanaman kunyit untuk mengobati Luka, Kurap, Mencret dan Sakit perut secara alami yang mana tanaman tersebut banyak dan mudah ditemukan dimana saja desekitar kita dan tidak mahal apabila anda membeli dipasar semoga dapat membantu serta bermanfaat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar