Senin, 25 April 2016

30 Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Peras

Jeruk nipis mempunyai banyak sekali manfaat selain sebagai bumbu dapur juga dapat mengobati berbagai macam penyakit diantaranya adalah sebagai berikut :



1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi.



Caranya : Campurkan perasan jeruk nipis serta 30 lembar daunnya dan 20 kuntum bunganya    direbus bersamaan dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas dinginkan dan disaring campurkan madu baru diminum 3 kali sehari.


2. Menambah Stamina.


Caranya : Campurkan kuning telur ayam kampung bersama perasan jeruk nipis tambahkan sedikit gula merah lalu diminum minimal sekali seminggu.


3. Melangsingkan Badan


Caranya : Tambahkan perasan jeruk nipis kedalam satu cangkir teh hijau minum setiap pagi dan sore.


4. Mengobati Sakit Gigi


Caranya : Campurkan perasan jeruk nipis dengan gilingan akar kecubung hitam dan legetan warak,bersama dengan 1 sendok garam, peras dan saring lalu kumurkan selama beberapa menit.


5. Mengatasi Pegal Linu


Caranya : Siram jeruk nipis yang sudah dibelah dengan air panas pada wadah tertutup lalu jeruknya diperas campur dengan minyak kayu putih dan gandapura lalu dipakai untuk urut bagian yang pegal atau terkilir.


6. Mengobati Tekilir.


Caranya :  Sama dengan nomor 5 diatas.


7. Mengobati Panu


Caranya : Campurkan tumpukan daun landep dengan perasan jeruk nipis dioleskan kebagian kulit yang panuan dan dibalut kain kasa, ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.


8. Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan


Caranya : Perasan 2 buah jeruk nipis dicampur sedikit garam dan diminum


9. Mengobati Radang Tenggorokan


Caranya : Campurkan 3 buah jeruk nipis yang matang dengan madu dan air hangat,aduk rata lalu dikumurkan selagi hangat selama 2-3 menit.


10. Mengobati Vertigo


Caranya : Setengah genggam daun jeruk yang sudah dilumatkan dicampur dengan 1 sendok makan perasan jeruk nipis dioleskan di pelipis,dahi dan tengkuk 2 kali sehari.


11. Menghilangkan Kebiasaan Merokok.


Caranya : Isaplah perasan jeruk nipis lalu minum air putih, lakukan setiap kali ingin merokok. 


12. Membuat Rambut Lebat


Caranya : Campurkan 1 butir kuning telur dengan perasan 3 buah jeruk nipis lalu gosokkan ke kulit kepala biaran selama 2 jam baru dibilas hasilnya rambut lebat dan mengkilat.


13. Mengatasi Ketombe.


Caranya : Irisan jeruk nipis digosokkan perlahan ke kulit kepala lalu dibungkus dengan handuk dibiarkan semalaman dicuci rambut keesokan harinya.


14. Mengatasi Rambut Rontok


Caranya : Sama dengan nomor 13 diatas 


15. Mengobati Jerawat


Caranya : Irisan jeruk nipis degosokkan secara perlahan kewajah yang berjerawat


16. Perawatan Setelah Melahirkan


Caranya : Campurkan perasan 2 buah jeruk nipis dengan 1 sendok makan kapur sirih dan 2 sendok makan minyak kayu putih lalu dibalurkan sekitar perut agar kembali seperti semula.


17. Mengatasi Haid Tidak Teratur


Caranya : Perasan jeruk nipis ditambah 1 sendok madu diseduh dengan air hangat lalu diminum 3 kali sehari.


18. Mengobati Flu


Caranya : Perasan jeruk nipis yang sudah dipanggang sebelumnya dicampur 1 sendok madu lalu diminum sekaligus.


19. Mengobati Demam.


Caranya : Perasan Jeruk nipis dicampur dengan tumbukan 3 siung bawang merah dan  1 sendok minyak kelapa lalu dioleskan pada kening.


20. Mengobati Difteri


Caranya : Perasan 2 buah jeruk nipis diencerkan dengan 2 gelas air hangat, diminum setelah makan malam secara teratur selama 10 hari lakukan 3 kali sehari.


21. Mengobati Batu Ginjal


Caranya : Perasan 2 buah jeruk nipis diencerkan dengan 2 gelas air hangat diminum setelah makan malam secara teratur selama 10 hari. 


22. Mengatasi Bau Badan


Caranya : Sepuluh helai daun jeruk nipis muda dilumatkan lalu dipulung kecil kecil lalu dimakan 3 kali sehari.


23. Mengatasi Bau Badan 2


Caranya : Potong jeruk nipis menjadi 2 bagian olesi kapur sirih disetiap bagiannya,lalu oleskan ke ketiak setelah mandi pagi dan sore biarkan 5 menit lalu bilas.


24. Mengobati Batuk disertai Influenza


Caranya : Perasan jeruk nipis yang matang diseduh dengan sedikit air panas yang ditambahkan setengah sendok kapur sirih,dan diminum 2 kali sehari


25. Mengobati Batuk


Caranya : Perasan Jeruk nipis dicampur drngan 1 sendok makan madu dan sedikit garam,diminum sehari sekali sampai sembuh.


26. Mengobati Anyang-anyangan


Caranya : 2 buah jeruk nipis diperas lalu dicampur dengan segelas air panas dan gula batu diaduk dan diminum sehari sekali saat masih hangat.


27. Mengobati Amandel


Caranya : Kulit jeruk nipis sebanyak 3 buah dicuci dan diiris,direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 3/4nya saring dan kumurkan 3-4 kali sehari.


28. Membantu membersihkan Komedo


Caranya : Gosokkan air jeruk nipis ke wajah yang berkomedo, biarkan semalaman lakukan rutin untuk hasil maksimal.


29. Membantu Dalam Pengangkatan Sel Kulit Mati


Caranya : Gunakan air jeruk murni dan oleskan kewajah dengan bantuan kapas.


30. Mengobati Ambien


Caranya : Akar pohon jeruk nipis dicuci bersih sebanyak 10 gram direbus dengan air satu liter selama 30 menit lalu disaring dan minum hangat-hangat 3 kali sehari.



Demikian 30 manfaat jeruk nipis semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita tentang obat alamiah untuk mengatasi beberapa penyakit secara murah dan mudah tanpa bahan kimiawi atau obat kedokteran.



sumber : FP Aida Khadijah

1 komentar: