Rabu, 27 April 2016

Manfaat Daun Mangkokan

Tanaman mangkokan banyak terdapat disekitar kita dikampung ataupun di kota-kota yang biasa ditanam dipekarangan rumah atau ditaman dan untuk pagar dikampung-kampung, tanaman ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kita diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Untuk Memperlancar System Pencernaan


Tumbuhan ini mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga bila dikonsumsi dapat membantu memperlancar pencernaan seperti mencegah sembelit,susuah buang air besar,diare dan buang air kecil yang tidak lancar.cara mengkonsumsi dengan cara direbus dan dibuat lalapan atau di tumis.


2.Mencegah Rambut Rontok


Ambil 4-5 lembar daun mangkokan bersihkan sampai bersih lalu rendam dengan minyak kelapa/VCO setelah direndam peras daun ini sampai benar-benar kering berikanlah minyak yang telah bercampur daun mangkokan itu pada kulit kepala secara merata lakukanlah secara teratur.


3.Memelihara Kesehatan dan Kesuburan Rambut


Caranya hampir sama dengan cara pada nomor 3 diatas dengan ramuan ini dapat memaksimalkan perlindungan dan kesehatan rambut anda.


4.Dapat Membantu Mengobati Luka


Dengan cara menghaluskan beberapa lembar daun mangkukan lalu dikompreskan pada luka yang baru anda alami, terjatuh misalnya dapat mempercepat penyembuhan dan pengeringan luka serta dapat mencegah inpeksi daun harus dibersihkan dahulu sebelumnya dari kotoran yang menempel debu misalnya.


5.Mengobati Peradangan 


Manfaat lain dari daun ini adalah dapat mencegah peradangan pada organ tubuah anda seperti radang tenggorokan, lambung dan usus juga dapat mengobati peradangan pada payudara.


6.Memperlancar Peredaran Darah


Daun mangkukan mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi sebagai salah satu mineral yang membantu memperlancar aliran darah sehingga daun ini dapat membantu memperlancar peredaran darah,mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah serta membantu memaksimalkan suplai darah dan oksigen ke organ tubuh anda.


7.Mencegah Anemia


Dengan kandungan zat besi yang tinggi daun ini juga dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan darah yang gejalanya ditandai dengan lemas,letih mudah cape terasa mau oingsan pusing sakit kepala dan rawan penyakit.


8.Sebagai Antioksidan Badan


Dengan kandungan yang dimiliki oleh daun ini dapat mencegah atau menghindari terhadap radikal bebas yang masuk kebadan, hingga bisa terhindar dari beberapa penyakit serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh.


9.Baik Untuk Kesehatan Mata.


Manfaat penting lain dari daun mangkukan ini adalah untuk kesehatan mata karena daun ini juga mengandung vitamin A .


10.Bisa Mengobati Sariawan


Vitamin C juga terdapat pada daun mangkukan ini sehingga bisa mengobati sariawan 


11.Anti Bakteri


Daun ini selain dapat menembuhkan luka juga sebagai penangkal bakteri


12.Perlindungan Kesehatan Tulang 


Faktanya daun ini juga mengandung Vitamin D yang mana vitamin ini adalah yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang bersama fosfor dan kalsium




Demikian 12 manfaat daun mangkukan ini semoga dapat memberikan tambahan ilmu bagi para pembaca blog ini dan semoga bermanfaat 




artikel ini disarikan dari beberapa sumber dari orang tua, informasi teman, kerabat dan media sosial












 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar